rianto isaac's Weblog

rianto utomo isaac sahala utomo

linux, mikrotik limit bandwith

leave a comment »

Kalau saya sih pakai simple queue, saya set begini :
Max Limit : 128kbps
Burst Limit : Unlimited
Burst Threshold : 20kbps
Burst Time : 30s
Dari hasil baca2 di manualnya Mikrotik katanya artinya gini :
Max Limit = 128kbps berarti batas bandwidth client adalah 128kbps
Burst Limit = Unlimited berarti selama 30 detik pertama (burst time) bandwidth yg bisa digunakan oleh client adalah unlimited (tergantung bandwidth maksimal yg tersedia).
Dengan demikian bandwidth unlimited ini bisa dinikmati jika traffic rata2 dia berada di bawah burst threshold, kalo masih di atas itu berarti bandwidth-nya cuma 128.
Browsing (membuka web) kan gak butuh waktu lama, saya rasa 30 detik udah cukup utk buka web secara lengkap (kecuali banyak gambar).
Setting ini bisa mengalokasikan bandwidth penuh untuk browsing (tapi gak selamanya, cuma 30 detik, cukuplah menurut saya mah). Dan akan kembali lagi ke 128 setelah 30 detik, jadi kalo dipake download, bandwidthnya cuma 128kbps bukan unlimited.
Mudah2an pemahaman saya gak salah, kalo salah tolong dikoreksi ya..

rianto utomo bole nyontek dari www.forummikrotik.com/wireless-networking/1276-limit-bandwith-os-mikrotik.html

Tentunya akan muncul tampilan mikrotk anda seperti gambar di bawah ini

Click Queue, seperti terlihat pada gambar di atas, dan akan muncul tampilan Queue List seperti di bawah ini.

Click tanda + seperti terlihat pada gambar, dan akan muncul tampilan New Simple Queue seperti pada gambar di bawah ini:

Selanjutnya anda isikan name dengan nama sesuai keinginan anda. Pada Target Address: isikan IP Address yang ingin di limit. Max limit isikan untuk maksimal bandwidth yang dialokasikan untuk IP yang ada isikan tadi, sesuai dengan kebutuhan, perhatikan untuk upload dan download, jangan sampai tertukar. Isikan juga burst limit dan burst time nya. Dan terakhir, isikan juga time nya, kapan rute yg anda buat ini akan dijalankan. Biarkan default klo anda ingin rule tersebut berjalan 24 jam. Terakhir tinggal click OK. Beres dah…

mat mencoba bro

rianto utomo bole nyontek dari mig33bogor.hot-me.com/tric-and-codes-f9/limit-bandwidth-di-mikrotik-2927-t814.htm

Written by isaaconi

Juli 14, 2010 pada 3:45 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: