rianto isaac's Weblog

rianto utomo isaac sahala utomo

linux, mikrotik rb931 sebagai Repeater

kita akan mempergunakan interface Wireless Mikrotik ini sebagai penangkap sinyal wifi dan dengan memanfaatkan Virtual Wireles kita akan menyebarkannya lagi.

  • Langkah pertama yang akan diambil adalah masuk kan kabel Lan ke port ethernet mikrotik agar kita bisa masuk ke sistemnya dan login melalui winbox.
  • Selanjutnya kita bisa mulai dengan membuka winbox yang sudah terhubung ke kabel Lan yang menuju interface Mikrotik. Tampak pada gambar terdeteksi 2 Router di tab neighbors
  • Bisa langsung login ke winbox karena baru pertama kali maka login masih default dan password kosong. pada gambar di atas terdeteksi 2 Router, yaitu Hapmini 931-2nD dan 941-2nD. Untuk Router 941-2nD adalah sebagai Acces point utama dan nantinya 931-2nD difungsikan sebagai repeater.
  • Selanjutnya setelah kita masuk kedalam sistem router langkah pertama adalah bisa masuk menu wireless, karena masih default nama dari interface wireless mikrotik masih menggunakan nama wlan1. Biar tidak bingung kita bisa menggantinya dengan nama repeater.
  • Next lanjut ke pilihan tab wireless. disini kita akan Router menjadi mode Station Bridge dahulu, tujuannya agar bisa conect ke wireless Acces Point Utama. Silahkan lanjutkan sesuai dengan urutan nomer gambar di atas:
  1. Pilih mode Station Bridge, Band 2Ghz B/G/N, Chanel with 20Mhz, dan Frequency wajib di samakan dengan Access point Utama.
  2. Pilih Scan untuk mengetahui jaringan yang tersedia.
  3. Pilih tombol Start untuk memulai Scaning Sinyal Wireless
  4. Pilih SSID yang akan di conect kan ke AP Repeater
  5. Pilih menu conect untuk menghubungkan AP Repeater dengan AP Wireless utama.
  • Setelah Router hapmini connect ke AP Wireless utama, maka selanjutnya bisa dilanjutkan dengan memberi IP Address di Interface Wifi nya.Pilih Interface Wireless yang telah kita beri nama Repeater tadi. setelah itu pilih OK.
  • Setelah pemberian IP Address maka hal selanjutnya yang di perlukan adalah setting Ip dhcp Client. Untuk langkahnya silahkan dilakukan sesuai urutan nomer seperti pada gambar.
  • DHCP Client selesai bisa dilanjutkan dengan setting Nat, untuk langkahnya bisa mengikuti contoh pada gambar.
  • Setting untuk menghubungkan Routerboard Hapmini telah selesai. Untuk mengetahui apakah router bisa conect ke internet silahkan melakukan tes ping ke google melalui console New terminal.. Jika setting dilakukan sesuai langkah-langkah di atas harusnya Router sudah bisa terkoneksi ke Internet.
  • Kembali lagi ke menu wireless, saatnya memberikan virtual Wireless pada Interface wireless. Langkahnya seperti pada gambar di atas. dan jika setting virtual wireless sukses maka akan muncul Wireless lagi dengan inisial wlan1. seperti pada gambar.
  • Akhirnya setting repeater telah selesai. Untuk melihat device yang terkoneksi bisa di lihat di tab registration di menu wireless table.

rianto utomo bole nyontek dari https://catatantutorku.blogspot.com/2017/09/memanfaatkan-mikrotik-rb931-2nd-sebagai.html

Written by isaaconi

Maret 27, 2019 pada 3:17 pm